Powered By Blogger

Rabu, 27 Oktober 2010

Bimtek Pengedalian Kebakaran Lahan dan Hutan Di Kecamatan Duampanua Kab. Pinrang


Nah para teman teman penyuluh dan mitra petani ada kabar nih, pada hari senin dan selasa yang lalu tepatnya pada tanggal 25  dan 26 bulan Oktober Tahun 2010 ini,  telah diadakan pelatihan bagi para petani yang tinggal di sekitar lokasi hutan, yang diselenggarakan oleh BP4K (Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan) dan Dinas Kehutanan Kabupaten Pinrang. Acara ini di buka oleh kepala  BP4K yang di wakili oleh KABID Perikanan dan Kehutan. Tempat pelaksanaan Bimtek ini bertempat di kantor desa Massewae. 

Para petani yang menjadi peserta dalam pelatihan ini adalah, petani yang bertempat tinggal di Desa Massawae Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan. Selain itu juga, petani peserta  di dampingi oleh penyuluh pertanian yang bertugas di Kecamatan Duampanua. Adapun kegiatan yang di laksanakan selama dua hari pelatihan ini adalah pada hari pertama, diisi dengan pemberian pembekalan dan materi tentang kebakaran hutan oleh penyuluh kehutanan yang antara lain materinya adalah sebagai berikut
1. Akibat Kerusakan Lahan dan Hutan
2. Teknik Pemadaman Kebakaran Hutan
3. Hutan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Kegiatan hari kedua  yaitu praktek lapangan, penanganan kebakaran hutan.  Kegiatan praktek penangangan kebakaran lahan dan hutan di bimbing, dan di kawal oleh para petugas polisi kehutanan dari DAOPS GOWA, sebelum memulai kegiatan, para peserta di beri pembekalan untuk mengenal, dan cara memakai peralatan yang akan di pakai untuk memadamkan api, oleh para instruktur DAOPS GOWA untuk lebih jelasnya lihat aja foto foto  kegiatan sebagai berikut:
                 Gambar 1    mobil ini yang di gunakan untuk memadamkan api di dalam hutan


                 Gambar 2. peralatan yang digunakan untuk memadamkan api di lahan dan hutan
                                     gambar 3. para penyuluh kehutanan dan instrukrur DAOPS GOWA

Gambar 4.Insrtrukstur DAOPS GOWA memberikan pengarahan dan petunjuk pemakaian alat para peserta

Kegiatan Bimtek Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan Di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, sangat di perlukan oleh para petani yang berdomisili dan memanfaatkan potensi hutan mengingat hutan merupakan aset bagi negara dan bangsa kita yang digunakan semaksimalnya untuk kemakmuran rakyat, oleh karena itu menjaga hutan merupakan suatu kewajiban kita bersama.            


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komennya dOOnk!!